Aturan Modfikasi Velg Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Karoseri Tugas Anda, Perusahaan Karoseri indonesia, mobil rantis turangga, karoseri kendaraan militer

Bagi beberapa orang mengganti atau memodifikasi velg mobil dilakukan untuk mempercantik eksterior mobil ataupun meningkatkan performa. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan modifikasi velg?

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan modifikasi velg adalah aspect ratio-nya. Semakin kecil aspect ratio ban, maka akan semakin tipis ban, demikian juga sebaliknya. Hal ini berlaku jika Anda memperbesar diameter velg Anda yang menyebabkan aspect ratio akan semakin kecil. Tentunya, hal ini akan berakibat pada berkurangnya kenyamanan berkendara, memperpendek umur kaki – kaki, beban putar kemudi menjadi berat, hingga ausnya roda gigi. Oleh karena itu, disarankan perbesaran velg maksimal sebanyak 2 inci dari ukuran standar pabrik.

Selain itu, Anda disarankan untuk memilih velg yang berkualitas dengan melihat kode quality velg. Anda juga tidak disarankan untuk sembarang mengganti PCD (Pitch Circle Diameter) karena dapat merubah kekuatan dan sudut geometri ban.

Beberapa mobil bahkan memiliki standar ukuran velgnya masing – masing. Seperti contoh pada jenis city car, ring velg biasanya berkisar 14 – 16 inchi. Tak jauh berbeda, sedan juga memiliki kisaran standar diameter yang sama, tetapi di sisi lain mobil jenis ini bisa memiliki diameter hingga 18 inchi, bahkan 20 inchi untuk tipe salon. Sementara itu, untuk jenis SUV ukuran velg mobil bisa ditambah hingga 3 inci dari ukuran semula.

Untuk itu jika Anda memang tetap berniat untuk mengganti velg Anda, ada baiknya Anda tetap memperhatikan beberapa standar acuan yang sudah ditetapkan. Kunjungi bengkel modifikasi velg yang terpercaya dan ahli di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *