Ingin Mobil Modifikasi Bebas Mengaspal? Kenali Aturan Modifikasi Mobil

Karoseri Tugas Anda, Perusahaan Karoseri indonesia, mobil rantis turangga, karoseri kendaraan militer

Bagi para pecinta otomotif, mengotak atik mobil merupakan keasyikan tersendiri. Bak seorang seniman, para pecinta otomotif suka berkreasi pada kendaraan kesayangannya. Tak jarang, mobil hasil modifikasi terlihat benar–benar berbeda dari ‘wajah’ aslinya saat keluar dari pabrik. Meski terlihat indah dipandang mata, terkadang mobil–mobil hasil modifikasi tak bisa bebas meluncur di jalanan, karena terganjal aturan yang ada. Agar Anda tetap bisa menyalurkan hobi berkreasi dengan kendaraan kesayangan, tetapi mobil juga bisa tetap melaju di jalanan, sebaiknya kenali aturan modifikasi mobil berikut ini.

Dalam modifikasi mobil, spion tetap harus ada dan berjumlah dua sesuai dengan fungsinya. Lampu depan dan belakang lengkap dengan lampu sein baik sisi depan maupun belakang juga harus ada. Tak kalah penting dari persoalan komponen mobil, hal yang harus diperhatikan dalam modifikasi mobil, yaitu data pada motor sesuai dengan STNK, seperti nomor rangka, nomor mesin, nomor registrasi kendaraan, plat nomor dan warna yang sesuai. Apabila ingin mengubah warna mobil, anda harus melakukan registrasi ulang untuk mutasi.

Sementara itu, payung hukum tentang modifikasi mobil diatur dalam Pasal 52 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 juncto Pasal 123 ayat (1) huruf b juncto Pasal 131 huruf (e) PP No 55/2012. Merujuk pada aturan tersebut, yang dimaksud  “Modifikasi adalah perubahan tipe berupa dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut.” Demikian tadi, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memodifikasi mobil. Pastikan modifikasi mobil anda sesuai dengan regulasi yang ada agar kendaraan tetap bisa mejeng di jalanan dan unjuk hasil kreativitas anda, tetapi juga tak menyalahi aturan yang ada.(y)[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *