Mengenal Bahan Baku Bodi Mobil

Karoseri Tugas Anda, Perusahaan Karoseri indonesia, mobil rantis turangga, karoseri kendaraan militer

Bicara mobil, hal pertama yang acap kali dibicarakan adalah body-nya dulu daripada performa mesinnya. Hal ini wajar mengingat body merupakan bagian luar mobil. Setiap detil lengkung atau bentuk lainnya menjadi sorotan mata dan menentukan apakah body mobil A, B, C dan seterusnya menawan atau tidak. Terlepas dari ‘paras’ mobil, pada umumnya bahan baku bodi mobil tidak jauh berbeda antara pabrikansatu dengan yang lainnya.

Baja menjadi material yang kerap kali digunakan untuk membuat bodi mobil. Alasannya, material ini relatif ringan  dan mudah dibentuk. Adapun yang dimaksud dengan bodi tersebut antara lain bagian atap, panel pintu, juga balik antar pintu.

Selain digunakan pada sasis mobil, material baja juga kerap digunakan pada pipa knalpot. Umumnya,komponen baja memiliki berat 80 persen dari total bobot mobil. Meski demikian, setiap pabrikan memiliki racikan sendiri–sendiri soal ketebalan.

Material lain yang juga digunakan dalam pembuatan mobil diantaranya adalah fiberglass, polyurethane, atau carbon fiber.Bahan–bahan tersebut biasanya digunakan untuk membuatbody kit atau komponen tambahan yang ada di bagian bumper depan maupun belakang.

Selain itu, terdapat pula material plastik yang kadang digunakan pada bagian bumper depan dan belakang. Aksesori pada fender kanan dan kiri juga biasanya dibuat dari bahan plastik. Nah, demikian beberapa material yang biasa digunakan sebagai bahan baku mobil. Semoga menambah wawasan Anda tentang dunia otomotif. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *