Perbedaan Mobil Ambulans dengan Mobil Jenazah

Karoseri Tugas Anda, Perusahaan Karoseri indonesia, mobil rantis turangga, karoseri kendaraan militer

Di Indonesia,kurangnya pemahamanmengenai perbedaan mobil ambulance dengan mobil jenazah kerap kali nampak. Meski keduanya sama – sama memiliki fungsi memindahkan, tetapi karakteristik dan spesifikasinya sangat berbeda. Berikut TUGASANDA.COM akan memaparkan secara singkat perbedaan mobil ambulans dengan mobil jenazah.

Di negara – negara Barat, mobil jenazah memiliki perbedaan yang siginifikan dengan kendaraan transportasi orang sakit. Mobil jenazah umumnya mengambil model station wagonsatu warna. Kendaraan yang disebut hearse ini biasanya disediakan oleh rumah duka untuk mengangkut peti mati. Sementara itu, mobil ambulans umumnya mengambil model SUV, Van atau Truck pickup yang dicat berwarna cerah atau warna mencolok seperti merah atau kuning.

Perbedaan seperti yang ditemui di negara – negara barat cukup jarang ditemui di Indonesia. Bentuk dan model antara ambulans dengan mobil jenazah kurang lebih sama. Bahkan tidak jarang mobil ambulans ‘dipaksa’ mengangkut jenazah.Tidak heran, pemahanan antara mobil ambulans dengan mobil jenazah sering kali tertukar.

Menurut Tonang Dwi Ardyanto, Dosen Fakultas Kedokteran UNS, menggunakan ambulans untuk memindahkan jenazah rasanya kurang tepat. Sebab sebagaimana standar kelayakan ambulans selalu diisi sarana tindakan medis berdasarkan tingkatan umum ambulans untuk pasien: dasar (basic), transport, dan lengkap (advance).

Apabila kondisinya memaksa, mengubah fungsi bisa saja dilakukan.Akan tetapi,hal ini tentu harus diawalimemberi ruang dengan melepas segala macam prasarana medis yang tidak diperlukan selama perjalanan mengantar jenazah. (IA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *