Syarat Mobil Laik Jalan Menurut UU LLAJ

Karoseri Tugas Anda, Perusahaan Karoseri indonesia, mobil rantis turangga, karoseri kendaraan militer

Sebagai orang yang sering berkutat dengan penggunaan otomotif, ada baiknya Anda mengetahui beberapa syarat kelaikan yang wajib ditaati. Hal ini dimaksud sebagai pemenuhan persyaratan minimum kondisi suatu kendaraan untuk menjamin keselamatan berkendara serta untuk mencegah pencemaran polusi udara dan polusi suara dalam pengoperasiannya.

Peraturan ini bahkan sudah tertera daam UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Menurut Pasal 48 ayat (3), persyaratan lain jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan oleh kinerja minimal Kendaraan Bermotor yang diukur sekurang-kurangnya terdiri atas:

  1. Emisi gas buang;
  2. Kebisingan suara;
  3. Efisiensi sistem rem utama;
  4. Efisiensi sistem rem parkir;
  5. Kincup roda depan;
  6. Suara klakson;
  7. Daya pancar dan arah sinar lampu utama;
  8. Radius putar;
  9. Akurasi alat penunjuk kecepatan;
  10. Kesesuaian kinerja roda dan kondisi ban; dan
  11. Kesesuaian daya mesin penggerak terhadap berat kendaraan.

Berpeganganan dengan UU LLAJ tersebut, TUGASANDA sebagai jasa modifikasi dan karoseri kendaraan sangat memperhatikan poin – poin tersebut. Urusan tata menata eksterior hingga interior mobil memang tak boleh dilakukan dengan sembarangan. Terlebih, jika kendaraan tersebut nantinya akan digunakan untuk mengangkut banyak penumpang atau keperluan darurat seperti mobil pemadam kebakaran atau ambulans.

Untuk itu percayakan manufaktur kendaraan Anda kepada TUGASANDA. Sebagai industri yang terpercaya, TUGASANDA mampu melakukan produksi di bidang otomotif untuk keperluan komersial maupun non komersial. Dengan memilih perusahaan Karoseri yang tepat, maka Anda telah turut berpartisipasi dalam mengurangi resiko kecelakaan dan pencemaran yang bisa ditimbulkan. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *