Alasan Setir Mobil di Indonesia ada di Kanan

Sudah menjadi rahasia umum jika di Indonesia menggunakan setir atau kemudi di sebelah kanan. Namun, pernahkah Anda tahu alasan atau sejarah dipilihnya kemudi kanan di negeri ini? Kali ini, TUGASANDA akan membantu menjawab penasaran Anda melalui ulasan artikel berikut.

Digunakannya setir kanan di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Sebelum memulai pembahasannya, ada baiknya diketahui terlebih dahulu bahwa di dunia ini dikenal dua sistem kemudi, yaitu left-driving dan right-driving. Left-driving mengacu pada sistem berkendara dengan pengemudi berada di lajur kiri jalan, sehingga posisi kemudi di kanan—seperti di Indonesia. Sementara right-driving merujuk sistem jalur kanan untuk berkendara dan setirnya pun ada di kiri.

Penggunan kemudi kanan di Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Hal ini dimulai sejak zaman Hindia Belanda. Meski Belanda kini menganut right driving—setir di kanan, tetapi dahulu Negeri Kincir Angin ini juga menggunakan setir di kiri. Hal ini mempengaruhi penggunaan setir di Indonesia pula sebagai wilayah jajahannya. Selanjutnya, Indonesia juga sempat dijajah Inggris—yang sampai saat ini menggunakan sistem left-driving atau kemudi ada di kanan. Pendudukan Jepang juga sempat dirasakan Indonesia juga berdampak pada penggunaan setir di sisi kanan. Negeri Sakura itu juga menggunakan setir di sisi kanan. Tak mengherankan jika Indonesia sebagai wilayah pendudukannya juga terpengaruh. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *