Kekuatan Mobil Dinas Presiden Jokowi

Seorang Kepala Negara sudah sewajarnya mendapatkan fasilitas keamanan nomor satu. Tidak terkecuali dalam hal kendaraan. Presiden Jokowi dalam rutinitas dinasnya juga selalu ditemani mobil bersertifikat keamanan kelas dunia. Di samping aman, mobil dinas kepresidenan tersebut juga memiliki tenaga pacu yang tangguh. Seperti apa kekuatan mobil dinas Presiden Jokowi? Jangan lewatkan ulasannya berikut ini!

Mobil dinas Presiden Jokowi mengambil bentuk Mercedes-Benz S600 berwarna hitam. Setidaknya ada dua jenis mobil yang digunakan selama menjabat, yaitu Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dan Mercedes-Benz S600 Guard. Jenis Pullman memiliki bentuk mobil yang lonjong selayaknya lomousine. Sementara itu, jenis Guard berbentuk sedan pada umumnya dan lebih sering menemani perjalanan dinas Presiden Jokowi blusukan ke daerah-daerah.

Kata ‘Guard’ sendiri merepresentasikan teknologi keamanan canggih yang tersemat pada tunggangan pribadi Presiden Jokowi tersebut. Selayaknya standar mobil Kepala Negara, Mercedes-Benz S600 Guard masuk ke dalam jajaran mobil anti peluru terbaik melalui sertifikat B6, B7, dan Basics. Artinya, baik bodi maupun kaca mobil teruji kebal terhadap ledakan geranat dan hujan peluru dari senapan sekelas M16 atau AK47.Tidak hanya itu, kaca mobilnya sendiri terbuat dari bahan polycarbonate yang melindungi penumpangnya dari serpihan kaca ketika terjadi hantaman keras dari luar.

Meski bentuknya kerdil selayaknya sedan, Mercedes-Benz S600 Guard menyimpan kekuatan tenaga hingga 530 daya kuda (hp).Mobil tersebut mengemas mesin berkapasitas5,5 L V12 Turbo yang mampu menghasilkan Torsi maks 830Nm @ 2000rpm. Bahkan kabarnya, mobil dinas Presiden Jokowi tersebut mampu melaju hingga 60 km/jam meski dalam keadaan ban kempes. (IA)[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *