Menelusuri Jejak Benz Phaeton, Jenis Mobil Pertama di Indonesia

Saat memperhatikan jalanan yang dipadati oleh kendaraan, pernahkah Anda berpikir tentang mobil pertama yang ada di Indonesia? Apabila menelusuri jejak sejarahnya, mobil pertama di Indonesia muncul pada tahun 1894 dan dimiliki oleh Pakubuwono X yang merupakan Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo). Mobil ini berjenis Mercedes-Benz Victory Phaeton yang merupakan seri pertama dunia yang produksinya baru rilis 8 tahun sebelumnya. Seri motorized-bus ini diproduksi oleh Daimler-Motoren-Gesselschaft (DMG) yang merupakan cikal bakal perusahaan otomotif raksasa dunia hingga saat ini.

Pada zaman tersebut membeli mobil memerlukan proses indent yang memakan waktu cukup lama dan bisa mencapai satu tahun. Benz Phaeton ini memiliki desain khusus atap mobil dari terpal yang sesuai keinginan sang Raja agar menyerupai kereta kuda.

Dengan mesin satu silinder dan kapasitas bahan bakar sebanyak 2.0 liter, mobil yang memiliki kekuatan setara lima tenaga kuda ini mampu mengangkut hingga 8 orang. Menariknya mobil ini populer dengan sebutan Kereta Setan karena penampakannya seperti kereta kencana yang bisa berjalan tanpa kuda.

Sayangnya mobil ini tak pernah kembali setelah dipinjam oleh Belanda pada tahun 1924 untuk dipajang pada pameran AutoRai di Amsterdam. Hal ini dipicu kekalahan Belanda oleh Jepang sehingga mobil bersejarah ini terlupakan. Akan tetapi, mobil tersebut kini diketahui berada di Museum Leidschendam Belanda dan telah diupayakan pengembaliannya oleh pemerintah Indonesia dan masih belum terlihat tanda-tanda kepulangannya ke Tanah Air. (AS)[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *