Mengintip Mobil Tunggangan Presiden ke-2 Indonesia

Sebagai Presiden dengan masa jabatan terlama, Presiden Soeharto memiliki daftar mobil dinas yang cukup panjang. Di antara mobil dinas Soeharto, Mercedes-Benz 500SEL limousine bisa dibilang sebagai mobil dinas presiden Indonesia yang paling legendaris. Pasalnya, mobil tersebut tidak hanya menjadi mobil terakhir yang menemani masa-masa akhir kepemimpinan Soeharto, melainkan jugamemiliki spesifikasi dan keamanan tingkat dunia. Berikut ulasan mobil tunggangan Presiden ke-2 Indonesia tersebut.

Mercedes-Benz 500SEL limousine merupakan mobil dinas Presiden Indonesia yang beroperasi sepanjang akhir tahun 1980an hingga awal 1990an. Mobil yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1987 tersebut dibeli dari pabrikan Jerman dan menjadi mobil yang paling mewah di masanya. Bahkan Presiden Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II pernah menunggangi mobil serupa.

Di samping interiornya yang mewah, mobil berkelir hitam itu mengkantongi standar keamanan tinggi dan ekslusif. Pemerintah Indonesia secara khusus memesanhigh safety wheels kepada Michelin, berupa roda dan ban yang memiliki sudut cengkraman berpresisi tinggi.Sebagaimana standar mobil dinas pemimpin dunia, seluruh badan Mercedes-Benz 500SEL dilapisi baja dan platina hitam yang dapat menahan peluru, granat, dan ranjau darat. Tidak ketinggalan, penggunaankaca mobil anti peluru setebal tiga inci yang mampu menahan rentetan peluru dari senjata rifle.

Sayangnya, mobil legendaris tunggangan Presiden ke-2 Indonesia ini hanya digunakan selama tujuh tahun. Pada tahun 1994, pemerintah membeli Mercedes-Benz S600 yang kemudian lebih sering menemani perjalanan dinas Soeharto hingga turun jabatan. Meski usia dinasnya singkat, Mercedes-Benz 500SEL limousine 1987 sempat diboyong ke Jerman untuk dipajang pada pameran mobil-mobil legendaris pemimpin dunia di tahun 1998. (IA)[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *