Mengulik Mobil Presiden Pertama Indonesia

Presiden pertama Republik Indonesia (RI), Soekarno dikenal sebagai bapak Proklamator. Sebagai orang yang berpengaruh besar terhadap kemerdekaan RI, Soekarno memiliki banyak sisi menarik untuk dibicarakan. Salah satunya adalah tentang mobil untuk mengawal kegiatan dinasnya. Lalu, seperti apa kendaraan yang digunakan tersebut, TUGASANDA akan mengajak Anda mengulik mobil pertama presiden pertama RI itu.

Satu mobil yang paling terkenal adalah Buick Limited 8 atau Buick-8. Mobil berkapasitas 5.247 cc ini dibuat di Amerika Serikat dan dikeluarkan pada 1939. Sebagai sebuah mobil kepresidenan pertama, mobil ini memiliki keunikan.

Tak seperti mobil kepresidenan lain yang dibeli negara, mobil berpelat Rep-1 ini ditemukan di belakang kantor Departemen Perhubunguan Pendudukan Jepang pada 1945. Kini, kantor tersebut menjadi kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Mobil ini digunakan Soekarno dalam masa mempertahankan kemerdekaan 1945-1949.

Tak seperti presiden-presiden sesudahnya, Soekarno kerap bergonta-ganti mobil dinas bahkan hingga 6 kali. Selain Buick-8, ayah dari mantan presiden Megawati Soekarno Putri itu juga sempat menggunakan beberapa mobil lain untuk mendukung perjalanan dinasnya. Mobil tersebut diantaranya Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio) dan Chrysler Imperial. Kendaraan bersejarah itu kini disimpan di Museum Gedung Joang 45 Menteng 31, Jakarta. (y)[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *