Spesifikasi Mobil RI 1 Era Jokowi

Mobil presiden atau kepala negara selalu menyita perhatian. Tak hanya kerena kemewahannya, tetapi juga karena segudang keunggulan yang dimilikinya dibandingkan kebanyakan mobil. Demikian pula dengan mobil keprisedenan Presiden Joko Widodo. Presiden yang mengawali karir politiknya sebagai Wali Kota Solo itu memiliki tunggangan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard untuk menunjang kegiatan dinasnya. Berikut spesifikasi mobil RI 1 era Jokowi tersebut.

Mobil keluaran tahun 2008 itu, memiliki sistem keamanan yang mumpuni. Bodinya begitu kuat karena dilapisi baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7, yang dapat menahan tiga tembakan senapan militer M60, M14, atau FAL-FN. Tembakan dari senjata kecil seperi M16, dan 357 Magnum juga akan mental berkat kekokohan bodi mobil tersebut.

Kendaraan RI 1 ini juga dilengkapi dengan perlindungan fragmen yang muncul dari ledakan. Sementara itu, kaca mobilnya berlapis polikarbonat untuk melindungi penumpangnya dari pecahan dan menjaga dari hal yang melukai penumpangnya. Kegaharan tumpangan RI 1 itu tak sampai di sini.

Mobil ini menggunakan ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470 AC, yang bisa membuat mobil tetap bisa melaju dengan kecepatan 60km/jam walau dalam kondisi tanpa angin alias kempes. Mobil yang dilengkapi dengan kamera di depan dan belakang ini dibekali pula dengan jendela depan yang tahan panas, serta sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu. Soal performa mesin, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard jelas garang. Mobil ini mampu melaju hingga 210 km/jam dengan GVW 4.200 kg. (y)[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *