Keunggulan Mobil dengan Sistem Penggerak Roda Belakang

Mobil dengan sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive) dikenal lebih banyak memiliki keunggulan dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang (front wheel drive). Berikut Tugasanda.com ulas beberapa keunggulan mobil dengan sistem penggerak roda belakang.

Mobil dengan sistem penggerak roda belakang memiliki mesin yang terpasang searah dengan bodi dan terdapat ruang yang longgar. Hal ini menguntungkan saat terjadi kerusakan, karena mesin akan lebih mudah diturunkan. Saat perawatan pun juga lebih mudah karena posisinya tersebut, misalnya saat pencucian. Waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan mesin dan merawat mesin mobil dengan posisi yang searah jauh lebih singkat dibandingkan dengan posisi mesin mobil yang melintang seperti pada mobil dengan sistem penggerak roda depan atau front wheel drive.

Oleh karena sistem penggerak roda belakang mengandalkan gardan, mobil memiliki kemampuan angkut yang kuat. Tenaga mesin akan ditransfer ke belakang—ke bagian roda belakang untuk ‘mendorong’ mobil, sehingga mampu membawa beban lebih banyak bahkan dalam kondisi menanjak sekalipun. Tak mengherankan jika mobil-mobil bertipe SUV dan MPV yang mampu memuat banyak penumpang  menerapkan sistem penggerak roda ini.

Saat diajak menerobos jalanan berlubang atau berliku, mobil dengan sistem penggerak roda belakang juga lebih lincah. Pasalnya, setir hanya akan mengarahkan untuk ke arah kiri dan kanan saja. Dengan demikian, mobil lebih mudah melakukan maneuver dengan enteng. Demikian pula saat dalam kondisi tanjakan, mobil ini juga mudah dikendalikan berkat radius putarnya yang lebih ‘patah’ sebagai akibat tidak dibatasinya drive shaft di depan. (y)

Tag: Keunggulan Mobil dengan Sistem Penggerak Roda Belakang, rear wheel drive, front wheel drive, mobil sistem penggerak roda belakang lebih lincah,[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *