Keunggulan Mobil Diesel Dibanding Mobil Bensin

Mobil diesel umumnya dijumpai pada mobil-mobil industri seperti, truk atau bus. Kendaraan berat dalam industri umumnya juga bertenaga diesel. Meski jumlah mobil diesel lebih sedikit di jalanan Indonesia dibandingkan mobil bensin, tetapi sesungguhnya mobil diesel memiliki segudang kelebihan dibandingkan dengan mobil bensin. Tugasanda.com akan mengajak Anda mengetahui keunggulan mobil diesel dibandingkan mobil bensin.

Bicara soal jenis mesin, mobil di dunia ini umumnya dibagi menjadi dua, yaitu mesin diesel dan mesin bensin. Meski belakangan mulai marak dikembangkan mobil bertenaga surya dan energi terbarukan lainnya, tetapi lazimnya perusahaan otomotif dunia mengembangkan mesin mobil berdasarkan dua jenis di atas.

Ditinjau dari mesinnya, diesel jauh lebih efisien dibandingkan dengan mesin bensin. Umumnya mesin bensin hanya mampu mengkonversi sekitar 30 persen dari energi bensin untuk menyalakan mesin. Berbeda halnya dengan mobil diesel yang mampu mengubah energi solar menjadi tenaga listrik hingga 40-50 persen. Tak mengherankan jika tenaga mobil diesel lebih kuat dibandingkan mobil bensin. Oleh karena itu, mobil diesel mampu dibawa menjelajah medan-medan sulit, seperti menanjak, berlumpur, berliku, bahkan banjir.

Satu lagi yang membuat mesin diesel lebih unggul dari mesin bensin adalah ‘irit’. Harga solar yang lebih murah dan efiensi mesin diesel yang memang lebih hemat energi daripada mesin diesel membuat pemilik kendaraan mampu menghemat banyak ongkos untuk kebutuhan bahan bakar[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *