Lebih Dekat Mengenal Sistem Penggerak Roda Depan dan Belakang pada Mobil

Bicara soal sistem penggerak roda pada mobil, dikenal ada dua macam, yaitu roda penggerak depan dan belakang. Selama ini terdapat perdebatan di kalangan konsumen tentang keunggulan dari sistem penggerak roda tersebut. Ada yang menilai sistem roda penggerak depan lebih unggul. Namun, ada pula yang menyebut sistem roa penggerak belakang lebih mumpuni. Terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, Tugasanda.com akan mengajak Anda lebih dekat mengenal sistem penggerak roda depan dan belakang pada mobil.

Sistem penggerak roda depan atau front wheel drive memiliki keunggulan dalam hal akslerasi dan kenyamanan. Akan tetapi, sistem ini memiliki konsekuensi dalam hal kemampuan angkut beban. Umumnya jenis sistem penggerak ini digunakan pada tipe mobil sedan. Bukan hal yang mengherankan jika sistem ini banyak diterapkan di jenis mobil tersebut, karena penggunaannya yang ‘ringan’. Daya angkut mobil sedan tak banyak seperti mobil MPV atau SUV atau mobil-mobil pengangkut barang, pick-up, truk dll.

Sementara itu, sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive memiliki keunggulan pada daya angkut beban. Mobil dengan sistem penggerak ini memiliki gardan. Keberadaan gardan ini sangat berpengaruh pada kemampuan angkut mobil.

Dalam kondisi tanjakan dan bermuatan, mobil dengan sistem penggerak roda belakang jauh lebih strong dibandingkan sistem penggerak depan. Penggunaan sistem roda ini memiliki kelemahan lebih boros bahan bakar. Pasalnya, bahan bakar harus melalui roda dulu, tidak seperti sistem penggerak roda depan yang langsung ke roda.[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *