Perbedaan Utama Mobil Diesel dan Bensin

Para pemula pemilik mobil acap kali dihinggapi rasa ‘galau’ menentukan pilihan jenis mobil yang akan dibeli. Umumnya, para pemula bingung menetukan pilihan akan memilih mobil diesel atau bensin. Menjawab kebingungan ini, Tugasanda.com akan memberikan ulasan mengenai perbedaan utama mobil diesel dan bensin.

Bicara soal diesel dan bensin, hal pertama yang selalu terpikirkan adalah bahan bakarnya. Seperti diketahui, mobil diesel menggunakan bahan bakar solar. Sementara mobil bensin menggunakan bahan bakat bensin.

Pengunaan solar dinilai lebih aman dari bensin. Pasalnya, solar memiliki karakter lebih tahan panas. Dengan demikian, saat terjadi panas tinggi mobil tak akan mudah terbakar. Berbeda halnya dengan bensin yang bersifat lebih cepat tersambar api.

Perbedaan mendasar lain antara mobil diesel dan bensin terletak pada efisiensi mesin. Rata-rata mobil diesel mampu menghemat bahan bakar hingag 40 persen dibandingkan mobil diesel. Hal ini karena mobil diesel lebih sedikit menghasilkan panas dibandingkan mobil bensin.

Meski tak rakus energi, mobil diesel jauh lebih perkasa menjelajah berbagai medan jalanan. Dirancang agar bisa off road, diesel mampu menghasilkan torsi tingi pada rpm rendah, sehingga cocok sekali digunakan pada medan yang berliku dan tak mulus, termasuk dalam kondisi banjir. Sementara mobil bensin kurang bersahabat jika diajak berpetualang ke medan yang ekstrem.

Dengan kemampuannya yang lebih bandel, mobil diesel memang umumnya dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan mobil bensin—apapun mereknya. Saat harus turun mesin misalnya, mobil diesel juga harus merogoh kocek lebih dalam dibandingkan mobil bermesin bensin.

Demikian beberapa perbedaan mendasar anatar mobil diesel dan bensin. Dengan mengetahui perbedaan utamanya tersebut, diharapkan kini Anda sudah tak lagi pusing menentukan pilihan mobil yang akan dipinang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *