Ingin Punya SIM Internasional, Begini Aturan dan Cara Buatnya

Anda suka melancong ke luar negeri dan ingin sesekali merasakan sensasi mengendarai kendaraan di negeri manca? Kalau jawabannya, “iya”, tentu Anda harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional. Lalu, apa saja syarat dan cara membuat SIM Internasional, berikut Tugas Anda bagikan ulasannya.

Untuk diketahui, SIM internasional atau International Driving Permit (IDP), pembuatannya juga dilakukan melalui kepolisian sebagaimana pada SIM reguler. Anda dapar datang ke lokasi pembuatan SIM terdekat dan meminta informasi tentang hal ini. Khusus Anda yang berdomisili di Jakarta, salah satunya bisa datang ke  Korps Lalu Lintas Polri Bid Redigent Subbid Pengemudi bagian pelayanan SIM Internasional yang beralamat di Jl Letjen MT Haryono Kav 37-38, Jakarta.

Pembuatan SIM Internasional tidak lama dan tidak ribet. Apabila semua berkasnya sudah lengkap, kurang lebih hanya butuh waktu 15 menit. Tentu, dengan catatan tidak banyak antrean.

Adapun berkas-berkas yang dibutuhkan dalam pengurusan SIM internasional adalah KTP, SIM nasional yang masih berlaku, paspos juga foto kopi ketiganya. Anda juga perlu menyiapkan pas foto sejumlah 3 lembar dengan ukuran 4×6 cm. Tak ketinggalan, materai Rp 6.000 juga perlu disiapkan. Soal biaya, merujuk pada Peraturan Pemerintah No 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, pembuatan SIM internasional dikenai Rp 250 ribu untuk pembuatan SIMbaru, dan Rp 225 ribu untuk perpanjangan. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *