Jadi Salah Satu Tank Tercanggih, Ini Keungulan Leopard II Revolution

Indonesia terus memperkuat pertahanan nasional. Salah satunya dengan terus melengkapi persenjataan canggih, termasuk mendatangkan tank canggih dari Rehinmetall, Jerman pada 2016 lalu. Mengusung nama Tank Leopard II Revolution, kendaraan perang satu ini diklaim menjadi salah satu tank tercanggih yang dimiliki Indonesia. Lalu, apa keunggulannya? Tugas Anda akan memberikan ulasannya untuk Anda.

Tank Leopard II Revolution memiliki teknologi cangkang menyerupai tank-tank siluman. Sistem kanonnya mampu mendeteksi musuh dan kawan secara otomatis. Ciamiknya lagi, tank ini memiliki moncong kanon caliber 120 mm yang bisa mengunci musuh bahkan mengikuti suhu panas kendaraan tempur musuh.

Sebagai kendaraan perang canggih, Leopard II ini mengidentifikasi lawan atau kawan dengan identifikasi semacam radar. Tak hanya jeli melihat di siang hari, tank ini juga tetap cermat mengintai lawan di kala malam berkat night vision-nya yang juga heat lock.

Beranjak ke soal kecepatan. Leopard II diklaim memiliki kecepatan bidik melebihi tank-tank sekelasnya di kawasan Asia Tenggara. Prajurit di dalam kubah kanon memiliki kemudahan dalam mengarahkan binokular ke arah kendaraan tempur musuh. Hal ini berkat sistem keseimbangan pada turret yang membua tank mampu menembak sasaran sambil bergerak dengan automatic firing control system dan balistic computer untuk meningkatkan kecepatan serta akurasi tembakan. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *