Keunggulan Truk Pengangkut BBM

Keberadaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) tidak terlepas dari jasa truk pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM). Truk-truk ini yang bertugas mendistribusikan BBM ke berbagai pelosok di Indonesia. Sekilas yang terlihat truk-truk pembawa BBM memiliki warna merah putih. Bentuknya khas dan tampilannya pun terlihat besar dan gagah. Namun, tahukan Anda apa sebenarnya keunggulan truk tersebut dibandingkan truk kebanyakan? Tugas Anda akan mengajak Anda mengetahui hal ini melalui ulasan berikut.

Dikutip dari Liputan6.com, dalam sebuah acara Pertamina Citizen Journalist Edutrip pada Oktober 2017 lalu seorang petugas Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Jakarta Group kawasan Plumpang, Jakarta Utara mengungkap ‘rahasia’ pada truk pengisi BBM.

Rahasia ini sekaligus bisa dikatakan sebagai keunggulannya karena tak dimiliki kendaraan lainnya. Salah satunya adalah mampu membawa beragam BBM tanpa tercampur. Sebagai contoh, di dalamnya bisa membawa Premium, Pertamax dan Solar sekaligus. Tentu, kapasitas yang berbeda-beda setiap tangki. Bahan bakar itu tidak bercampur, karena di dalam tangki terdapat sekat. Selain mencegah antar bahan bakar berbeda tercampur, sekat juga berfungsi mencegah kebocoran jika terjadi guncangan.  Jumlah sekatnya berjumlah sekitar satu hingga 5 buah.

Keunggulan sekaligus keunikan lain dari truk pengangkut BBM adalah memiliki tempat pengisian bahan bakar sendiri. Eksklusivitas ini bisa dimengerti mengingat fungsinya sebagai mata rantai penting dalam distribusi bahan bakar—yang tak lain merupakan bagian dari kebutuhan orang banyak. Truk pengangkut BBM menggunakan bahan bakar solar. Bahan bakar ini digunakan karena jauh lebih aman alias tak mudah terbakar sebagaimana bensin. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *