Mengenal Jenis Air Suspension

Kala menumpang sebuah kendaraan, kenyamanan menjadi bagian yang begitu penting. Bukan hanya soal performa mesin dan bodi yang molek, sistem suspensi juga menjadi hal lain yang super penting untuk menentukan ‘enak atau tidak enaknya’ sebuah kendaraan. Menjawab kebutuhan tersebut, perusahaan termasuk karoseri terus berinovasi menciptakan sistem suspensi yang menjanjikan kenyamanan berlebih bagi para penumpang kendaraan. Teknologi suspensi yang terbaru adalah air suspension. Seperti namanya, sistem suspensi ini mengandalkan udara dan bukan lagi menggunakan pegas sebagaimana pada suspensi terdahulu.

Dalam perkembangannya, air suspension dibagi menjadi beberapa jenis. Apa saja itu, berikut Tugas Anda bagikan ulasannya.

Pertama adalah tipe strut atau silinder. Pada tipe ini, silinder pegas dan shock absorber diikat menjadi satu, sehingga lebih ringkas. Meski demikian, tipe suspensi ini memiliki bantingan lebih keras. Umumnya, sistem ini digunakan pada mobile ringan dengan ruang yang sempit, termasuk pada mobil-mobil sport.

Kedua, yaitu Air Suspension Balon. Disebut demikian karena pada sistem ini terdapat kantong udata berbentuk layaknya balon. Keunggulan dari sistem ini adalah tahan terhadap guncangan. Dengan demikian, kendaraan tetap akan terasa empuk dan tidak ‘memantul keras’ dan tetap terasa nyaman.

Sayangnya, sistem suspensi ini memakan ruang besar untuk menempatkannya. Oleh karena itu, sistem ini banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan besar dengan kolong chasis yang luas, seperti bus atau truk. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *