Mengenal Jenis Truk Berdasarkan Roda

Melihat truk lalu lalang di jalan raya tampak modelnya beragam, mulai dari yang berukuran biasa saja hingga yang luar biasa besarnya. Tahukah Anda jika setiap model truk yang melenggang di jalan itu memiliki sebutan yang berbeda-beda? Agar tak bingung, Tugas Anda akan mengajak Anda mengenal jenis truk berdasarkan roda pada kesempatan kali ini.

Pertama, truk engkel yang memiliki ciri terdapat 2 sumbu roda dengan jumlah roda 4 buah. Kedua adalah truk double. Sekilas bentuknya mirip engkel, jumlah sumbu rodanya juga sama, yaitu 2 buah. Perbedaannya, truk double memiliki 6 roda, terdiri dari 2 roda depan dan 4 roda belakang.

Ketiga adalah truk tronton yang ditandai dengan 3 sumbu roda, terdiri dari 1 di depan, 2 di belakang saling berkekatan. Jumlah total rodanya ada 10 buah. Berikutnya adalah truk trintin. Barangkali nama ini kurang familiar di telinga awam. Hal ini bukan suatu yang mengherankan, karena memang Indonesia tidak memiliki truk model ini. Apabila ada truk model ini di jalanan, dipastikan truk itu merupakan hasil impor. Ciri utama dari truk ini, memiliki 3 sumbu roda. Sumbu roda pertama dan kedua berdekatan (di bagian depan) dan satu sumbu lagi di belakang. Jumlah roda truk ini seluruhnya ada 8 buah.

Ada pula jenis truk bernama trinton yang berciri memiliki 4 sumbu roda dan jumlah roda 12 buah. Truk jenis ini juga tak diproduksi dalam negeri. Terakhir adalah truk trailer yang memiliki sumbu roda 4-6 buah dan total roda 12-18 buah. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *