Mengulik Sistem Air Suspension pada Bus

Kenyamanan menjadi hal yang utama dalam sebuah kendaraan. Segahar apapun mesin yang disunggi, tetapi jika tidak menjanjikan kenyamanan bagi penumpangnya, bukan hal yang mengherankan jika mobil tak dilirik pasar. Menjawab tantangan ini, para perusahaan otomotif pun kini mulai berinovasi dengan membenamkan sistem suspensi kendaraan yang semakin mumpuni. Tak hanya pada kendaraan pribadi, karoseri bus kini juga sudah mulai berlomba-lomba menawarkan sistem suspensi yang ‘empuk’ untuk memanjakan penumpangnya.

Keberadaan air suspension dalam kendaraan, termasuk bus sangat penting agar penumpang tak merasakan getaran. Tugas Anda akan berbagi ulasan ihwal cara kerja sistem air suspension pada bus. Sebelum pengunaan air suspension, kendaraan menggunakan pegas baja lentur untuk merema getaran. Namun, seiring perkembangan teknologi, kini suspensi menggunakan udara,–sehingga disebut dengan air suspension.

Air suspension, atau suspensi  udara digunakan sebagai pengganti fungsi pegas. Saat ini air suspension banyak diaplikasikan pada berbagai mobil,bus dan trailer. Dalam sistem ini tekanan udara dapat diatur sesuai beban kendaraan.
Kinerja air suspension ini disesuaikan dengan beban kendaraan. Oleh karena mengandalkan udara dalam kinerjanya, tak mengherankan jika kompresor udata menjadi hal penting dalam mendukung sistem suspensi ini.

Tabung penyimpanan juga menjadi komponen penting lainnya. Hal ini agar saat sistem bekerja pasokan udara terus mengalir. Komponen lain yang sangat penting adalah selang udara bertekanan tinggi dan kuat untuk mendukung aliran udara dengan tekanan tinggi pula. Terdapat pula kantong udara yang berfungsi menerima beban kendaraan. Selanjutnya, terdapat katup solenoid yang menjadi pintu antara udara dalam tabung penyimpanan dengan kantong udara. Sistem suspense ini bekerja saat bus berjalan alias mesin hidup. Mesin akan menggerakkan kompresor udara yang kemudian menyuplai udara ke tabung penyimpanan yang kemudian membantu kinerja sistem. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *