Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Mengganti Kampas Rem Sembarangan

Rem merupakan salah satu komponen vital bagi semua jenis kendaraan. Penggantian kampas rem adalah salah satu daftar rutinitas perawatan berkala yang harus diperhatikan dengan baik oleh para pemilik kendaraan. Namun begitu masih ada beberapa orang yang menyepelekan masalah ini dan memilih mengganti kampas rem dengan yang palsu dengan alasan ekonomis. Tanpa disadari hal itu malah berdampak bagi keselamatan pengendara.

Kampas rem asli dapat bertahan hingga suhu 200 derajat celcius. Lain halnya dengan kampas rem palsu yang umumnya tidak bisa bertahan lebih dari suhu 100 derajat sehingga rentan meleleh pada tingkat pengereman tertentu. Apabila hal ini terjadi, kondisi rem blong bisa jadi tak terhindarkan dan berakibat fatal.

Kampas rem palsu biasanya memiliki ciri tekstur yang lebih kasar, padahal hal ini justru akan memicu pengikisan dan memicu aus yang lebih cepat. Hal ini beresiko mengggesek cakram atau tremol yang dapat menyebabkan kerusakan komponen mobil lainnya.

Pada beberapa pembuatan kampas rem imitasi, bahan material yang digunakan biasanya sangat tidak layak untuk menunjang keselamatan pengendara. Tak hanya berdampak bahaya bagi pengendara, tetapi juga kurang efektifnya pengereman.

Oleh karena itu, usahakan mengganti kampas rem mobil Anda dengan yang original. Sembarangan mengganti kampas rem agar lebih ekonomis bukan alasan yang sebanding dengan keselamatan Anda dan biaya perbaikan ke depannya. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *