Begini Cara Membaca Speedometer dan RPM pada Mobil

Di era yang menuntut kemampuan mobilitas tinggi seperti sekarang ini, sebagian besar orang pasti memilih kendaraan pribadi seperti mobil untuk beraktivitas. Sayangnya, masih banyak pengendara yang tidak memahami betul cara membaca panel instrument cluster display di balik setir mobil. Nah, agar tidak keliru, berikut Tugas Anda akan memberikan tips cara membaca speedometer dan RPM pada mobil dengan benar.

 

Speedometer pada mobil adalah komponen utama pada panel instrument cluster display yang paling sering dilirik pengemudi. Umumnya, komponen pengukur kecepatan pada mobil ini berisikan informasi angka 0 sampai 220 km/h yang berjejer membentuk 2/3 lingkaran. Apabila jarum menunjuk angka 50, artinya saat itu juga mobil tengah melaju pada kecepatan 50 kilometer per jam. Pada kecepatan konstan, mobil akan mampu menempuh jarak hingga 50 kilometer dalam waktu satu jam. Pada speedometer digital, penghitung kecepatan ini biasanya ditunjukan melalui angka utama.

 

Sementara itu, komponen RPM (Round Per Minutes) diperuntukan sebagai alat pengukur putaran mesin mobil. Panel RPM pada mobil biasanya bersebelahan dengan speedometer. RPM digunakan sebagai acuan untuk menentukan besarnya tenaga yang dihasilkan mesin mobil per seribu RPM. Oleh karena itu, panel RPM pada mobil selalu menyertakan satuan x1000 rpm. Apabila spesifikasi mobil mencantumkan Tenaga 104 dk/6000 rpm dan Torsi 136 Nm/4200 rpm, maka mobil akan melepaskan tenaga maksimum sebesar 104 daya kuda dan torsi maksimum hingga 136 Newton metre ketika meteran RPM pada mobil mencapai angka 6 dan 4.2. (IA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *