Cara Memilih Jenis Oli yang Tepat Untuk Mobil

Sebagai pemilik mobil, Anda tentu menginginkan perawatan terbaik untuk kendaraan agar bisa bertahan dalam jangka waktu panjang. Oli merupakan salah satu substansi penting yang dibutuhkan oleh semua jenis kendaraan. Tak hanya berfungsi sebagai pelumas saja, tetapi bisa juga berfungsi sebagai pembersih dinding mesin dan menjaga suhu kendaraan.

Banyaknya tayangan komersial tentang oli terbaik mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan merek oli yang harus dipilih. Oleh karena itu, lakukan beberapa hal sebelum menjatuhkan oli pilihan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah identifikasi mesin kendaraan terlebih dahulu, seperti tahun produksi mobil dan teknologi mesin. Anda bisa melihat manual book bawaan mobil yang memuat bab spesifikasi mobil. Perhatikan karakter tingkat viskositas/ kekentalan oli pada suhu-suhu tertentu yang ditunjukan melalui kode Society of Automotive Engineer (SAE).

Memilih bahan pembuatan oli juga merupakan salah satu hal yang penting. Terdapat dua jenis bahan, yakni jenis sintetis yang bersifat kimiawi dan jenis mineral yang jauh lebih alami. Umumnya mobil keluaran terbaru bekerja lebih maksimal menggunakan jenis sintetis.

Anda tentu bisa memilih merek oli apapun selama hal tersebut sesuai dengan beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Penting untuk menguras habis oli sebelum mengganti dengan yang baru. Waspadalah dengan produk oli palsu yang banyak beredar. Terakhir, jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi dan volume oli secara rutin. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *