Cermati Perbedaan Speedometer dan RPM pada Mobil

Bagi orang yang tidak menggeluti istilah otomotif, julukan untuk setiap komponen mobil tanpa sadar sering kali tertukar. Misalnya saja istilah speedometer yang tak jarang digunakan juga untuk menyebut meteran RPM. Padahal, speedometer sebenarnya hanya salah satu komponen pada instrument cluster display yang terdapat di depan kursi kemudi kendaraan roda empat. Agar tidak salah, sebaiknya cermati dahulu perbedaan speedometer dan RPM pada mobil melalui artikel berikut ini.

 

Di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata speedometer telah diserap menjadi spidometer. Sesuai makna aslinya, kata serapan ini memiliki arti alat untuk mengukur kecepatan (kendaraan dan sebagainya). Secara fungsional, speedometer atau spidometer memiliki tugas untuk mengukur kecepatan kendaraan bermotor pada kondisi berjalan.

 

Di Indonesia, satuan yang digunakan pada speedometer adalah km/h atau kilometer per jam. Ini artinya, jika speedometer pada mobil menunjukan angka 40 km/h, maka dalam waktu satu jam kendaraan mampu menempuh jarak sekitar 40 kilometer.

 

Lain halnya dengan speedometer, RPM pada mobil memiliki tugas yang lebih spesifik. RPM yang merupakan kependekan dari Round Per Minute berfungsi sebagai alat untuk mengukur kecepatan mesin. RPM akan terus melakukan tugasnya selama mesin dalam keadaan hidup, sekalipun mobil dalam keadaan diam. Perannya semakin penting agar pengemudi dapat mengetahui seberapa besar tenaga mesin yang dikeluarkan per seribu RPM.

 

Setelah mencermati perbedaan speedometer dan RPM pada mobil, tentu keduanya tak akan tertukar lagi. (IA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *