Mengulik Mobil Listrik di Indonesia

Bicara soal jenis asal tenaga yang digunakan atau sumber energi, mobil di dunia ini dikenal ada 3 macam. Ketiganya adalah mobil jenis bensin, solar dan listrik. Khusus jenis mobil yang disebut terakhir barangkali masih belum familiar di Indonesia.

 

Hal ini lantaran kebanyakan produsen otomotif yang ada di pasar Tanah Air lebih banyak menyuguhkan mobil dengan bahan bakar bensin dan solar. Meski demikian, bukan berarti mobil ini tak coba dikembangkan di negara ini. Lebih jauh, Tugas Anda akan mengulik mobil listrik di Indonesia.

 

Mobil listrik pertama di Indonesia adalah “Ahmadi”. Seperti namanya, mobil ini dikembangkan oleh Dasep Ahmadi. Uji coba terhadap mobil itu sudah dilakukan bersama Menteri Negara BUMN. Mobil ini mengusung kapasitas baterai lithium-ion 36 buah yang digunakan sebesar 21 kWh. Mengandalkan pasokan daya tersebut, mobil ini mampu menempuh jarak hingag 130 km dalam sekali pengisian penuh. Adapun waktu pengisian daya mencapai 5 jam.

 

Meski mobil listrik belum dikembangkan secara massif di negara ini, tetapi cukup berpeluang untuk dikembangkan. Apalagi di tengah terus merebaknya isu krisis energy ditambah lagi dengan harga mobil dengan bahan bakar migas yang tak murah. Oleh karena itu, kehadiran mobil listrik bisa menjadi solusi kendaraan yang lebih murah serta ramah lingkungan, karena bisa menggunakan listrik tenaga air atau surya. (y)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *