Sebelum Ngebut, Ketahui Aturan Aman Kecepatan Mobil saat Hujan

Bagi para pengendara mobil kawakan, berkendara di tengah hujan deras mungkin bukan sebuah kekhawatiran. Cengkraman stir mobil yang kuat bersambung kepercayaan diri yang tinggi melintasi jalanan mulus malah menjadi pemicu para pengendara untuk semakin menginjak pedal gas. Padahal, dengan tidak megindahkan batas kecepatan mobil saat hujan tentu akan sangat membahayakan. Jadi, sebelum memutuskan ngebut, sebaiknya ketahui dahulu aturan aman kecepatan mobil saat hujan. Tugas Anda akan merangkumkannya untuk Anda melalui ulasan berikut ini.

 

Selain jarak pandang yang minim, musuh utama pengendara mobil saat hujan adalah jalanan yang tergenang air. Kecepatan yang berlebihan menembus guyuran hujan berselimut kabut membuat pengendara lebih mudah terkaget akan perubahan kecil dalam jarak pandang. Akibatnya, manuver kasar atau malah pengereman mendadak pun tak terhindarkan. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya kontak ban dan menimbulkan aquaplaning, sebuah kondisi roda ban di atas genangan yang seakan melayang akibat kehilangan kendali.

 

Agar terhindar dari kejadian nahas tersebut, seyogianya pengemudi bijak dalam mengatur kecepatan mobil saat hujan. Kecepatan yang dianjurkan untuk mobil saat menembus jalanan berair ialah 20-30 km per jam. Namun, jika keadaan memaksa, batas akhir kecepatan tertinggi yang disarankan harus tetap di angka 40 km per jam. Batas kecepatan mobil ini berlaku untuk semua jenis kendaraan roda empat, termasuk mobil-mobil ber-ground clearance tinggi dan minibus. (IA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *