Jangan Ragu Gunakan Produk Industri Pertahanan Dalam Negeri

Karoseri Tugas Anda, Perusahaan Karoseri indonesia, mobil rantis turangga, karoseri kendaraan militer

Persatuan Industri Pertahanan Swasta Nasional (Pinhantanas) memandang kini saatnya industri pertahanan keamanan dalam negeri‎ untuk unjuk gigi, seiring semakin berkualitasnya industri pertahanan swasta.‎

“Negara tidak perlu ragu dengan kemampuan produksi dari industri pertahanan swasta, terbukti sudah mampu membuat produk seperti pesawat tanpa awak, kendaraan taktis, kapal perang, hingga bom,” kata ‎Ketua Harian Pinhantanas, Mayjen (Purn) Jan Pieter Ate di Jakarta.

Dirinya berharap, ‎Pinhantanas bisa menjadi mitra pemerintah, khususnya dalam hal pembinaan industri pertahanan dan keamanan. “Kami ingin menjadi semacam quality control dan memverifikasi pelaku industri pertahanan dan keamanan,” ucapnya.

Sebagai gambaran, Ia menjelaskan, salah satu syarat keanggotaan di Pinhantanas adalah bukti kepemilikan fasilitas Penelitian dan Pengembangan (Research and Development – RnD), sehingga anggota benar-benar ‎punya kemampuan merancang, membuat, memproduksi, hingga pengembangan produk.

“Bukan sekadar impor lalu mengubah logo dari pabrikan aslinya,” kata Jan Pieter.

Keinginan semacam itu, menurutnya, tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak, khususnya pemerintah.

“Sesungguhnya kita punya kemampuan yang harus kita gunakan supaya devisa negara bisa mengalir ke dalam negeri. Dalam arti penyerapan tenaga kerja dan kebutuhan TNI-Polri hasil karya anak bangsa,” ujar Jan Pieter.

Sejauh ini, ruang gerak Industri Pertahanan Swasta Nasional bisa diakomodasi dengan menyandarkan pada Undang-Undang 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan.

Khususnya pasal 43 dan 44 yang menyatakan bahwa pengguna wajib menggunakan Alpalhamkam produksi dalam negeri. Pengguna, juga wajib memelihara dan melakukan perbaikan Alpalhankam di dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *