General Motors, Pabrik Mobil Pertama di Indonesia

Pabrikan Jepang seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi dan Honda menjadi pemain penting dalam pasar otomotif di Indonesia. Namun, sejatinya nama-nama tersebut tergolong pendatang. Sebelum pabrikan otomotif asal Negeri Sakura mendarat, sudah ada satu nama yang menjadi pioneer mobil di Tanah Air. Adalah General Motors (GM) yang merupakan pabrik mobil pertama di Indonesia.

Merujuk pada laman gmheritagecenter, GM awalnya adalah sebuah perusahaan terbatas dengan nama N.V. General Motors Java Handel Maatschappij. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1927 silam.  Sebagai informasi, kini GM merupakan agen tunggal merek-merek seperti Pontiac, Opel, Oldsmobile, Buick, Vauxhall, La Salle, Cadillac dan Chevrolet. Nama yang disebut terakhir merupakan yang paling utama.

Tingginya permintaan terhadap merek Chevrolet membuat GM memutuskan membuat pabrik perakitan di Tanjung Priok, Jakarta. Pabrik inilah yang kemudian menjadi pabrik perakitan mobil pertama di Indonesia. Saat pabrik ini dibangun Jakarta masih menggunakan nama Batavia. Tanjung Priok sendiri dipilih sebagai lokasi pabrik karena pertimbangan dekat dengan pelabuhan besar. Dengan demikian, memudahkan arus mobilisasi dalam perdagangan internasional.

Pabrik perakitan mobil yang berlokasi di Jakarta Utara itu, sudah merakit 47 ribu mobil. Dari produk tersebut mayoritas merupakan bus bermerek Chevrolet, truk dan label GM. Periode pertama pabrik itu berakhir pada 1942 saat terjadi pendudukan Jepang. Namun, sebelum akhirnya Jepang datang, Pemerintah Hindia Belanda juga sudah membekukan pabrik tersebut. GM kembali memulai bisnisnya pasca Indonesia merdeka. Hingga saat ini, GM masih terus berdiri meski langkahnya cukup terseok karena persaingan ketat dengan pabrikan Jepang. (y)[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *