Mengenal Panser Anoa, Mobil Tempur Asli Indonesia yang Mendunia

Sebagai orang Indonesia rasanya kita boleh berbangga. Pasalnya negara kita berada di urutan pertama Asia Tenggara dan ke-14 dunia untuk ranking ketahanan. Hal ini tak terlepas dengan produksi alutsista (alat utama sistem pertahanan) yang dilakukan oleh sejumlah industri dalam negeri. Oleh karena itu, negara ini bisa menciptakan kendaraan tempurnya (ranpur) sendiri dan mempertahankan kedaulatannya.

Salah satu ranpur Indonesia yang mendunia adalah Panser Anoa. Kendaraan lapis baja pertama di Indonesia ini berfungsi sebagai pengangkut personil atau APC (Armoured Personal Carrier) dan biasanya diletakan pada garda depan untuk menghalau serangan.

Panser anoa dirancang memiliki ketahanan terhadap peluru kinetis dan dilengkapi radar canggih untuk mendeteksi musuh. Selain itu ranpur ini memiliki keunggulan kemudahan dalam perawatannya. Kendaraan ini bahkan telah menunjukan performanya dengan menjadi kendaraan operasional misi perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa. (PBB). Pamor kehebatan anoa bahkan membuat sejumlah negara memesan jenis ranpur ini, diantaranya adalah Brunei, Malaysia, Singapura, Nepal serta beberapa negara timur tengah dan Afrika.

Penyempurnaan panser jenis anoa ini terus dilakukan hingga saat ini. Modifikasi dan pengembangan panser anoa berdasarkan fungsi juga dilakukan untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah panser anoa amphibious yang dikembangkan guna pemenuhan strategis pertahanan di wilayah laut dan telah diuji langsung bersama Presiden Jokowi. Selain itu terdapat juga varian anoa jenis IFV untuk bantuan serangan, ARV (Armoured Recovery Vehicle), pengangkut amunisi, dan ambulance. (AS)[:]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *