Begini Aturan Penggunaan Kaca Film pada Mobil

Anda berniat memasang kaca film pada kendaraan baru? Jangan sampai menyalahi aturan, begini aturan penggunaan kaca film pada mobil. Aturan pemasangan kaca film pada mobil sudah dikeluarkan oleh Kementrian Perhubungan sejak 1976 silam.

Regulasi dimaksud adalah Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.439/U/Phb-76 Tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor. Merujuk pada aturan tersebut, penggunaan kaca berwarna sebenarnya diperbolehkan. Hanya saja, syaratnya bisa tembus cahaya dengan persentase penembusan cahaya tidak kurang dari 70 persen.

Kaca depan atau belakang diperbolehkan berwarna atau kaca yang berlapis bahan pewarna (film coating) dengan persentase penembusan cahaya tidak kurang dari 40 persen sepanjang sisi atas atau bagian kaca yang lebarnya tidak lebih dari sepertiga kaca tersebut.

Selain hal – hal tersebut, penggunaan bahan – bahan untuk pelapisan berwarna pada kaca sebagaimana tersebut di atas juga tidak menimbulkan pemantulan cahaya baru, selain pemantulan yang biasa terdapat pada kaca – kaca bening.

Mengacu pada poin – poin penting pada regulasi tersebut, jelas dibeberkan bahwa penggunaan kaca film bagian depan atau belakang diperbolehkan asalkan tidak kurang dari 40 persen. Hanya saja, penempatannya di sepanjang sisi atas dan lebar tidak boleh melebihi sepertiga kaca. Sementara itu, untuk kaca di bagian lainnya, bisa menggunakan kaca film dengan kadar penembusan tidak kurang dari 70 persen. (y)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *