Melihat Kemungkinan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Balap F1

Formula 1 adalah ajang balap motorsport prestisius yang perhelatannya selalu ditunggu – tunggu oleh penggemarnya. Banyak negara besar yang berlomba – lomba untuk menjadi tuan rumah dari acara balap mobil tingkat dunia ini. Namun begitu, nyatanya hingga saat ini F1 masih belum pernah mampir ke Indonesia.

Indonesia sendiri memang memiliki beberapa arena sirkuit yang potensial untuk dijadikan lokasi balap roda dua maupun roda empat. Salah satunya adalah sirkuit di Sentul. Sejumlah ajang balap taraf internasional seperti A1 Grand Prix dan MotoGP pernah diadakan di tempat tersebut.

Pengadaan balap F1 sendiri memiliki sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi oleh pihak penyelenggara, hal tersebut meliputi keamanan, kualitas infrastruktur, dan safety grade A yang ditetapkan oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA). Selain itu, diperlukan pengadaan kontrak dengan Bernie Ecclestone yang merupakan CEO dari F1.

Menilik dari beberapa persyaratan tersebut, hingga saat ini sirkuit Sentul baru memenuhi persyaratan tingkat 2 yang ditetapkan oleh FIA. Sementara, diperlukan Grade A atau tingkat 1 untuk menggelar F1.

Namun begitu kabarnya Sentul Sirkuit akan mengadakan renovasi layout dan infrastruktur agar dapat memenuhi persyaratan tersebut. Kunci keberhasilan untuk diterima sebagai tuan rumah juga tidak hanya terletak pada pemenuhan syarat arena, tetapi juga dibutuhkan dukungan penuh dari pemerintah.

Seiring dengan bertambahnya penggemar F1 dari setiap waktunya, tentunya akan jadi sebuah kebanggaan jika Indonesia berhasil menjadi tuan rumah. (AS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *