Mengulik Fakta dan Mitos Ban Mobil Mudah Aus di Jalan Tol Beton

Selama ini muncul pendapat bahwa jalan tol bisa membuat ban cepat aus. Apakah hal ini fakta atau mitos? TUGASANDA akan mengajak Anda mengulik fakta dan mitos ban mobil mudah aus di jalan tol dengan beton. 

Menurut GM Sales Admin and Planning Dunlop Indonesia, Hendra Himawan antara beton dengan aspal memiliki karakteristik yang berbeda. Permukaan yang lebih kasar pada beton daripada aspal tak dipungkiri membuat ban lebih cepat aus. “Begini, beton dan aspal itu berbeda karakteristiknya. Kalau beton keras, aspal cenderung lentur. Bumpy-nya akan terasa beda. Nah, efeknya kepada ban kalau jalan itu permukaan kasar dan keras, ausnya juga lebih cepat,” katanya.

Meski demikian, ia juga tidak memungkiri bahwa faktor ausnya ban disebabkan oleh banyak hal dan bukan oleh jalan tol beton semata. Ia menyampaikan bahwa jumlah muatan, cara mengemudi, pola telapak ban dan kondisi kaki-kaki tidak benar juga berpengaruh pada keausan ban. “Jadi banyak faktor yang menyebabkan ban cepat aus, tidak hanya jalan tol beton,” katanya lagi.

Apa yang disampaikan Hendra memang ada benarnya. Tak mengherankan jika kendaraan berat, seperti truk, tronton, dan kendaraan pengangkut lainnya cenderung memiliki masa ganti ban yang lebih cepat dibandingkan dengan kendaraan – kendaraan pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *