Tips Menjaga AC Mobil Tetap Dingin

Selain mesin dan roda yang ‘sehat’, kenyamanan berkendara juga dipengaruhi oleh kondisi dalam kabin. Baik pengemudi maupun penumpang, tentu akan merasa nyaman di dalam kendaraan saat ruang kabin mobil dalam keadaan sejuk ataupun dingin. Di sinilah AC memainkan peranan penting meski tidak terlalu urgent. Bertebaran bengkel AC menjadi bukti bahwa pengguna mobil ingin tetap merasa ‘dingin’ saat  berkendara. Terlepas dari peran bengkel AC, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda Lakukan untuk menjaga AC mobil tetap dingin. Seperti apa tipsnya? Berikut TUGASANDA berikan ulasannya.

Pertama, lakukan pembersihan lantai dan karpet mobil secara rutin. Meski hal ini sekilas tak berhubungan dengan AC, tetapi sangat berpengaruh. Lantai mobil dan kondisi kabin yang bersih akan membuat AC tidak bekerja terlalu dingin untuk menyaring debu dan kotoran. Dengan demikian, AC menjadi lebih awet dingin.

Kedua, saat mencuci mobil buka kap mesin dan semprotkan air dengan tekanan tinggi pada bagian Condensor AC. Komponen ini bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator. Pembersihan ini penting, mengingat kotoran atau debu yang menempel pada komponen itu jika dibiarkan akan mengeras dan berdampak korosi atau keropos. Tentu saja, hal tersebut akan berimbas pada kondensor.

Ketiga, saat perjalanan jauh sesekali matikan AC sejenak dan hidupkan kembali. Hal ini perlu dilakukan untuk mengistirahatkan kinerja AC dan menghindari pembekuan saluran AC. Tak kalah penting, saat memarkir mobil pilihlah tempat yang teduh, sehingga saat akan berangkat kabin tidak panas yang memaksa AC dihidupkan dalam level tinggi dan kinerja AC menjadi berat. Demikian beberapa tips menjaga AC mobil agar tetap dingin. Semoga bermanfaat. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *