Begini Cara Bedakan BPKB Asli dan Palsu

Beredarnya Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) masih menjadi momok tersendiri bagi banyak pemilik kendaraan. Maraknya penjualan mobil dan sepeda motor di negeri ini tak dipungkiri dijadikan lahan ‘bisnis haram’ oleh sejumlah oknum tak bertanggung jawab dengan memalsukan BPKB. Awamnya pengetahuan masyarakat akan perbedaan BPKB asli dan palsu tak pelak menjadikan korban penipuan atas kasus pemalsuan BPKB tak terhindarkan. Nah, agar Anda juga tak ikut tertipu ulah kejahatan tersebut, TUGASANDA akan berbagai tips tentang cara membedakan BPKB asli dan palsu.

Merujuk pada kisi-kisi untuk mendeteksi keaslian BPKB dari Korlantas POLRI, cara pertama untuk mengenali keaslian BPKB dapat dilihat dari material pada cover BPKB. BPKB asli memiliki warna mengkilap, sedangkan yang palsu biasanya kusam. Kedua, perhatikan hologram di halaman awal. Pada BPKB asli, saat diterawang warna akan tetap abu-abu, sedangkan pada BPKB palsu berubah menjadi warna kuning.

Ketiga, di bawah hologram terdapat nomor seri yang berfungsi untuk membedakan domisili pemilik kendaraan. Namun, untuk detail dari hal ini hanya diketahui Korlantas dan tak dapat dipublikasikan. Cara lain untuk melihat keaslian BPKB adalah dengan memperhatikan bagian identitas pemilik kendaraan. BPKB Palsu biasanya tampak memberikan perubahan data hanya pada kendaaaran saja, tetapi tidak untuk pemilik kendaraan. Kelima, pada BPKB asli akan tampak lambang Korlantas saat disinari dengan ultraviolet dan jika diraba akan kasar tekstur kertasnya, sedangkan pada BPKB palsu logo tampak rata.

Demikian beberapa tips mengenali BPKB asli dan palsu. Semoga bermanfaat!(y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *