Cara Agar Aki Mobil Tetap Awet

             Memiliki mobil dengan aki yang mudah tekor alias mati tidak mau digunakan nyetarter sangatlah menjengkelkan. Apabila mobil matinya ada saat di tengah jalan, hal ini tentu juga memalukan, karena harus mendorong mobil. Nah, agar aki mobil Anda tetap awet, berikut tips ala TUGASANDA.

Pertama, lalukan pemeriksaan rutin pada aki mobil Anda. Untuk mengetahui kondisi aki, Anda bisa menggunakan alat khusus bernama battery load tester. Alat tersebut mampu memberikan petunjuk akan besaran daya yang masih dimiliki aki.

Kedua, selalu cek cairan elektrolit di dalam aki. Tips ini berlaku untuk mobil atau kendaraan yang menggunakan jenis aki basa. Apabila cairan sudah berada di bawah batas normal, sebaiknya segera isi kembali cairannya.

Memeriksa terminal aki mobil juga tak kalah penting dilakukan. Mengecek terminal atau klep penghubung kutub positif dan negatif bisa dilakukan dengan melihat apakah pada bagian tersebut terdapat jamur, karat atau tingkat kelonggaran posisinya. Apabila ditemui jamur dan karat, Anda bisa menyirapnya dengan air panas, dan menyikat dengan sikat gigi. Namun, jika Anda menemui bagian yang mulai kendor pada terminal, segera lakukan pengencangan. Apabila ternyata bagian tersebut sulit dikencangkan kembali, berarti harus diganti dengan unit baru.

Berikutnya, lalukan pemanasan mobil secara rutin. Walau mobil jarang digunakan untuk pergi, pastikan Anda menyalakannya setiap pagi. Selain akan ‘menyehatkan’ mesin, menyalakan mesin secara rutin juga membantu aki terisi dayanya. Seperti diketahui daya aki akan terisi saat mobil dihidupkan atau tengah digunakan. Artinya, Semakin jauh perjalanan, kemungkinan daya terisi juga semakin maksimal.
Nah, demikian tadi beberapa cara agar aki mobil tetap awet, semoga bermanfaat. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *