Cara Menghidupkan Aki Mobil yang Tekor Saat Berada di Jalan

Kondisi aki mobil yang mogok atau tekor di tengah jalan kerap kali dialami oleh sejumlah pengendara mobil. Hal ini bisa saja disebabkan faktor aki yang soak. Tentunya kondisi ini akan menyulitkan, terlebih jika lokasi Anda berada cukup jauh dari bengkel.

Tak jarang karenanya Anda harus sampai memanggil derek untuk mengevakuasi kendaraan Anda. Namun, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk menghidupkan kembali daya aki yang mulai berkurang.

Dalam kondisi ini, piston perlu dapat rangsangan gerakan agar dapat melakukan pembakaran. Anda bisa meminta orang lain untuk membantu mendorong mobil Anda. Pada posisi ini, pengemudi perlu menggunakan gigi dua atau atret dalam melakukannya. Akan tetapi, cara ini hanya efektif untuk mobil bertransmisi manual yang memiliki tegangan tidak kurang dari 8 volt.

Anda juga diharap selalu siap sedia kabel jumper dan charger. Keduanya sangat penting terutama bagi mobil dengan transmisi otomatis. Namun begitu untuk penggunaannya, Anda perlu menyambungnya dengan sumber listrik terdekat untuk mengalirkan daya.

Saat mesin menyala perhatikan apakah gambar aki di dashboard menyala atau tidak, jika menyala kemungkinan ada masalah pada altenator dan dinamo mobil. Setelah mobil menyala selama 10 hingga 15 menit, matikan dan nyalakan kembali mobil untuk memastikan penyimpanan setrum.

Apabila mobil Anda sudah berhasil berjalan, segera bawa ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut. Namun, jika cara tersebut tidak berhasil maka Anda bisa mulai memikirkan untuk menghubungi jasa derek dan membawanya ke bengkel. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *