Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Food Truck

Keberadaan bisnis food truck boleh dibilang sedang naik daun. Bukan tanpa sebab, peluang bisnis ini terbilang sangat menjanjikan bagi pemilik usaha. Pasalnya modal yang dipergunakan untuk memulai usaha jauh lebih sedikit jika dibandingkan mendirikan restoran konvensional. Di samping itu, penjual dapat menghampiri konsumen langsung di tempat mereka berada.

Namun begitu, melakukan bisnis food truck tidak serta merta dapat dimulai begitu saja. Ada beberapa peraturan yang perlu Anda perhatikan jika ingin memulai usaha ini.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah urusan perizinannya. Pada wilayah Jakarta aturan tersebut bahkan termaktub dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta yang memuat klasifikasi jenis kendaraan, fasilitas, definisi hingga persyaratan standar keamanan.

Dilihat dari jenis usahanya, keberadaannya ikut diatur dalam Pasal 4  Peraturan Menteri Kebudayaaan dan Pariwisata No. 87 Tahun 2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Makanan dan Minuman. Selain itu bisnis ini juga perlu mengantongi izin untuk kelancaran operasional dari berbagai instansi seperti pemadam kebakaran, menteri kesehatan hingga kepolisian.

Meski dapat bergerak kemana saja, bukan berarti kendaraan ini bebas mangkal dimana saja. Perlu diperhatikan terdapat beberapa lokasi yang boleh disinggahi atau tidak. Beberapa diantaranya adalah larangan berhenti di lokasi rawan macet, dekat dengan pasar, dan sekitar fasilitas umum dan sosial.

Memulai bisnis food truck bisa saja merupakan peluang ladang penghasilan yang menggiurkan. Oleh karenanya, sebaiknya perhatikan dengan baik hal-hal yang dibutuhkan sebelum memulainya. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *