Ketika Bagasi Berlebih Lakukan Ini Agar Mudik Tetap Aman

Melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi memang sangat menyenangkan. Selain dapat mengangkut anggota keluarga dalam jumlah besar, biaya yang dikeluarkan pun relatif terjangkau. Kendati demikian, membawa bagasi mobil saat mudik lebaran berlebih sebaiknya dihindari karena berpotensi menganggu keamanan dan kenyamanan perjalanan.

Agar mudik tetap aman, Anda dianjurkan untuk memperkirakan jumlah dan berat masing-masing barang bawaan. Di samping itu, Anda juga harus memastikan jenis dan kapasitas mobil. Melalui cara ini Anda dapat menghindari kelebihan membawa barang bawaan saat mudik lebaran.

Cara meletakan barang bawaan di dalam bagasi mobil pun menentukan tingkat kenyamanan dan keamanan berkendara saat mudik. Ketika menyusun bagasi pada mobil berjenis MPV, letakan koper di bagian paling belakang dengan posisi meninggi. Atur koper-koper besar dan berat di bagian paling bawah untuk menjaga keseimbangan mobil. Susun ke atas berdasarkan diameter dan berat barang bawaan.

Cara-cara di atas dapat mengurangi beban berlebih pada mobil sekaligus mengurangi potensi kecelakaan saat mudik. Hal ini disebabkan setiap 20 kilogram bagasi yang Anda bawa akan menambah konsumsi bahan bakar sebesar 1% dan berpotensi menurunkan kinerja ban mobil. Selain itu, suspensi mobil juga bisa amblas jika mobil dipaksa mengangkut bagasi berlebih.

Terakhir, bagasi mobil sebaiknya tidak ditumpuk terlalu tinggi. Pasalnya, barang yang ditumpuk terlalu tinggi menutupi jendela belakang dapat menganggu pandangan pengemudi. Tak hanya itu, Anda juga bisa ditilang jika kedapatan menyusun bagasi hingga menyembul di balik jendela mobil. (IA)

Tag: Mudik Menggunakan Mobil, Bagasi Mobil, Mudik Lebaran, Cara Meletakan Barang Bawaan di Dalam Bagasi Mobil, Mengurangi Potensi Kecelakaan saat Mudik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *