Mudik Pilih Jalan Tol atau Jalan Nasional, Ini Untung Ruginya

Mudik menggunakan mobil memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Kebanyakan masyarakat menyukai cara ini karena dianggap lebih fleksibel. Namun, Anda juga harus tahu, mudik menggunakan mobil harus dibarengi dengan persiapan matang, salah satunya memilih jalur mudik yang paling cocok antara jalan tol atau jalan nasional.

Selama beberapa tahun terakhir, kedua jalan tersebut sudah mengalami perbaikan yang signifikan. Kendati keduanya relatif aman, sebagian masyarakat masih mempercayai keunggulan mudik lewat jalan tol karena dianggap lebih cepat.

Kenyataannya, selama musim mudik jalan tol tidak selalu dalam kondisi lancar. Seperti yang sudah diketahui, jumlah pemudik setiap tahun mengalami peningkatan. Hal ini menimbulkan peningkatan pengendara yang memasuki jalan tol. Akibatnya, jalan tol menjadi sangat padat dan bisa membuat Anda terjebak di antara lautan mobil tanpa kesempatan untuk menepi dan beristirahat.

Di saat yang bersamaan, menjadikan jalan nasional sebagai pilihan jalur mudik juga patut diperhitungkan. Sama seperti halnya jalan tol, jalan nasional juga memiliki sejumlah keuntungan dan kerugian yang patut dicatat.

Saat ini jalan nasional di sepanjang Pulau Jawa sudah dipugar demi kenyamanan para pemudik. Tak hanya itu, jalan nasional juga membentang dengan banyak alternatif jalur yang menghubungkan kota-kota besar di sepanjang pulau Jawa. Dalam kondisi tertentu jalan nasional diklaim anti macet.

Sayangnya, tidak selamanya mudik lewat jalan nasional itu menyenangkan. Meskipun diklaim sudah berada dalam kondisi bagus, jalur yang memanjang hingga ribuan kilometer membuatnya sangat rentan dipenuhi jalan berlubang. Dengan demikian, para pengendara harus ekstra hati-hati saat hendak melewati jalan nasional. (IA)

Tag: Mudik Menggunakan Mobil, Memilih Jalur Mudik, Jalan Nasional, Jalan Tol, Mudik Lewat Jalan Tol, Mudik Lewat Jalan Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *